Perkembangan digital di Indonesia patut diacungi jempol. Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.

Ini menjadi angin segar sepertinya bagi para pelaku UKM untuk maju berkarya dengan mempromosikan hasil kerajinannya ke jendela digital sebagai lini baru. Tidak sedikit industri tanah air kini sukses di dunia market digital khususnya fashion sesuai dengan tren terkini. Belum lagi dukungan dari beberapa kementerian seperti perindustrian dan Kominfo dengan fasilitas 1 juta domain-nya.

Saat ini UKM berkontribusi 58% terhadap PDB nasional setiap tahunnya dan 5% yang sudah go digital dari sekitar 56 juta UKM di Indonesia hingga tahun 2015 lalu. Namun hingga di penghujung tahun 2016 ini, perkembangan Startup di Indonesia semakin beranjak dewasa dengan kemasan promosi yang cerdas, inovatif dan berkualitas.

Terbukti, setiap tahun banyak pemilik Startup baru bermunculan. Sekarang ini sudah mencapai 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia dimana total revenue mencapi kurang lebih $ 100.000/tahun dengan beberapa produk baik fashion maupun aplikasi baik berbasis website maupun media social.LS/nug