Sepintas, mutiara air laut dan air tawar hampir sama, baik dari segi bentuk, ukuran, dan lainnya, terus kenapa perbedaan harga nya cukup tinggi, yaitu mutiara air laut lebih mahal ?

  • Pertama, dari asal mutiara dihasilkan, mutiara laut proses produksinya lebih lama dari proses produksi mutiara air tawar, mutiara iar laut membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk menghasilkan 1 butir mutiara, sedangkan mutiara air tawar hanya butuh waktu 6 bulan, itupun didalan satu kerang dapat menghasilkan 6-15 butir mutiara tawar.
  • Kedua dari faktor kualitas mutiaranya itu sendiri, Ada beberapa karakteristik/ciri khas mutiara laut yang tidak dimiliki mutiara air tawar, seperti berikut ini :

Mutiara air laut memliki bentuk beraneka ragam, seperti bentuk bulat, oval, baroq (bentuk tidak beraturan), sedangkan mutiara air tawar yang bentuk bulat itu jarang ada, Mutiara air laut sering diperjual belikan dalam keadaan utuh, maksudnya utuh yaitu belum di lubangi, sedangkan mutiara air tawar biasanya kalau beli yang tanpa diikat, biasanya sudah dilubangi (lubang tembus maupun kubang setengah tembus), biasanya dijual dalam bentuk untaian.

Beberapa Ciri-ciri Mutiara Laut Adalah :
  • Butiran Mutiara Air Laut Memiliki Ciri Khas Bentuk Bulat Sempurna Dengan Ukuran Bervariasi
  • Ukuran diameter mutiara air laut, ukuran yang sebesar ini tidak dimiliki oleh mutiara air tawar
  • Mutiara air laut juga memiliki warna asli hitam, mutiara jenis ini biasa dinamakan mutiara laut TAHITI
Untuk Ciri-ciri Mutiara Laut Adalah :
  • Mutiara air tawar kalau dijual biasanya dalam bentuk untaian yang kondisinya sudah terlubangi

Selanjutnya jika dilihat dari segi kualitas, perbedaannya mutiara air laut sinar kemilau lapisan mutiaranya lebih keluar dan terkesan alami sedangkan mutiara air tawar kurang keluar sinarnya. Lebih terkesan warna dove, dan terlihat seperti mutiara imitasi.

Perbedaan dari warna : Mutiara air laut tersedia warna Gold, Putih, Hitam, Cokelat, Silver (Abu-abu) dan Hijau, sedangkan mutiara air tawar hampir semua warna ada, karena memang sebagian besar warna warna mutiara air tawar itu ada hasil treatmen (perlakuan) campur tangan manusia, tapi masih dikatakan mutiara asli karena berasal dari kerang-kerang yang hidup di air tawar, hanya saja proses pewarnaaannya tidak alami.

Kemudian perbedaan lainnya adalah dari segi harganya, mutaira air laut dijual dengan hitungan gram, misal dalam 1 butir mutiara air laut beratnya 2 gram, nah harga penjual misalnya Rp.300.000,- per gramnya, jadi perhitungannya : 2 gram x 300.000 = Rp.600.000,- per butirnya. Sedangkan mutiara air tawar dijual dalam bentuk rentengan, adapaun dijual bijian itu dengan kualitas bagus/super.

Selain faktor-faktor diatas yang membedakan harga mutiara laut lebih mahal dari mutiara air tawar adalah  adanya faktor kebanggan dan kepuasan tersendiri (Nilai Prestise) berbeda kalau kita pakai perhiasan mutiara tawar dan laut, mutiara laut lebih mempunyai nilai gengsi. Apalagi kalau dibandingkan dengan perhisan mutaira dari bahan plastik (sintetis) walaupun modelnya bagus-bagus, mutiaranya sempurna dari mulai bentuk, warna, hampir tidak ada cacat. Rasanya kalau pakai perhiasan mutiara laut lebih percaya diri. Karena pada zama dahulu sebelum cara teknologi ditemukan, untuk mencari 1 butir mutiara air laut saja, para penyelam/nelayan sampai rela menyelam ke dasar laut dengan kedalaman ratusan meter, dan sering dalam proses pencarian itu tidak menemukan butiran mutiaranya (kerang nya dalam keadaan kosong).

Bahkan tidak sedikit para penyelam itu yang meinggal (tewas) di dasar laut karena kehabisan oksigen, jadi banyak sekali perjuangan dan pengorbanan untuk mencari mutiara laut. Dan itu mempengaruhi nilai gengsi (prestise) para bangsawan zaman dulu, seperti RATU ELIZABETH, RATU CLEOPATRA, sampai ratu generasi kini yaitu mendiang LADY DAY DIANA yang mempunyai hoby mengoleksi kalung full mutiara air laut.

Sumber : Originalmutiara.com