Pameran batik Nusantara, WARISAN jilid II akan segera hadir. Pameran wastraa batik ini nanti akan digelar 24 S/D 27 Agustus 2017 nanti di Assembly JCC, Jakarta selatan dengan citarasa yang lebih kental dari sebelumnya.

Bicara tentang motif batik yang diangkat nanti, pameran ini akan mengangkat beberapa tema baik salah satunya motif Swastika. Namun apa dan bagaimana kisah terlahirnya motif ini?, ternyata motif ini merupakan gambaran tentang nilai religius dari leluhur Indonesia saat itu yaitu hadirnya umat Hindu dan tradisi yang hadir mewarnai perjalanan besar terbentuknya Nusantara saat itu.

Hindu yang merupakan salah satu agama paling tua di Indonesia meninggalkan banyak sejarah karya dan budaya yang saat ini menjadi warisan abadi di tanah air. Dan hingga kini motif swastika konon katanya menjadi paten sebagai batik Indonesia yang mendunia.

Focus pada motifnya, Swastika adalah  salah satu simbol yang paling disucikan dalam tradisi Hindu, religius dengan latar belakang sejarah yang kompleks dimana diadopsi dari dari kata Su Asti Ka yang artinya semoga dalam keadaan baik atau secara harafiah artinya suatu kebaikan.

Seperti apa bentuk aslinya?, jangan sampai anda melewatkan pameran batik yang dikolaborasikan dengan display Tenun dan Batik nanti.NUG

Photo by : Google Search