Bukan hal aneh lagi melakukan kegiatan usaha berbasis digital saat ini. Bahkan UKM lokal pun kini seperti sudah paham bagaimana menjual sisi lain dari Unique Selling Point yang dibungkus manis sebagai langkah untuk me-stimulan masyarakat hingga ke pembeli loyal.

Salah satu contoh implementasinya yaitu di Pemerintah Kabupaten Takalar di bawah kepemimpinan Dr. H. Burhanuddin Baharuddin selaku kepala daerah yang sejauh ini sangat peduli terhadap pengembangan sektor IKM (Industri Kecil Menengah).

UMKM Digital

Picture by Google

Perwujudannya jelas di segmen digital salah satunya dari 12 program unggulan sebagai inovasi brilian di era global kini. Tidak luput pula program pelatihan yang dilakukan Perindustrian, Perdagangan, UKM dan ESDM Takalar yaitu diantaranya pembuatan songkok guru yang bahan bakunya dari daun lontar dan pengembangan pangan dari sektor perikanan, pertanian dan perkebunan. Kemudian kerajinan gerabah yang bahan dasarnya dari tanah liat dan masih banyak potensi SDA Takalar yang akan diproduksi.

Hal ini terinisiasi sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dalam berwira usaha di skala yang tidak hanya di wilayahnya saja namun dapaat dikembangkan untuk semakin melebar hingga ke skala lebih besar sebagai bentuk kesiapan kota dalm menghadapi geliat MEA yang sudah berjalan hingga saat ini.NUG