Banyak cara meng-edukasi masyarakat untuk sadar digital, tidak hanya teori saja, digital kini sudah seharusnya diwujudkan dengan pergerakan yang nyata bagi penduduk agar tidak tertinggal. Dalam sektor usaha pun, digital kini sepertinya sudah menjadi hal baku dalam mempromosikan hasil usahanya yang tidak hanya satu regional saja namun mendunia. Dalam hal ini, terobosan demi terobosan kian tampak dengan hadirnya metodologi baru dalam dunia usaha digital yaitu Kampung UKM Digital. Apa itu?

Kampung UKM Digital adalah pemanfaatan teknologi Informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di Sentra UKM atau UKM yang terpusat di suatu lokasi tertentu dalam rangka mewujudkan Jutaan UKM yang Maju, Mandiri, dan Modern.

Hal ini terinisiasi sebagai bentuk dukungan dari program BAGUS Indonesia (Bina Aspirasi Gerakan Sejuta UKM Seluruh Indonesia) dan wujud rasa bakti PT. Telekomunikasi Indonesia untuk membantu UKM dalam menghadapi modernisasi dan peningkatan kompetensi ICT (information and communications technology).

kampung-digitalImplementasi dari Kampung UKM Digital ini ditandai dengan beberapa parameter diantaranya tersedianya jaringan infrastruktur telekomunikasi yang menjangkau seluruh wilayah Kampung UKM, adanya wadah komunitas/volunteer UKM dan melakukan pemanfaatan solusi dan layanan Teknologi Infomasi di dalam lingkungan Kampung UKM dimana Implementasi Kampung UKM Digital ini dilakukan secara bertahap dengan melibatkan pentahelix stakeholder yang ada diantaranya Pemerintah, Komunitas, Pelaku Bisnis, Akademisi dan juga Media.

Dengan dijalankan beberapa tahapan program seperti Penarikan jaringan infrastruktur ke lokasi Kampung UKM, pelatihan dan Pembinaan ICT untuk Pengelola Kampung UKM, implementasi layanan dan solusi ICT (portal online, bostoko, dan layanan ICT lainnya) di lingkungan kampung UKM diharapkan menjadi langkah besar untuk UKM Indonesia dalam menghadapi dinamika perekonomian yang semakin ketat salah satunya di dunia digital.

Dalam pelaksanaan programnya, wilayah seperti Bekasi, Depok, Cirebon, Bandung, Bogor, Surabaya, Lampung, dan Kota lainnya, memperoleh dampak positif bagai para pelaku, pegiat dan produsen UKM baik dari makanan hingga ke Fashion sejalan dengan kebutuhan masyarakat di tanah air.NUG

Photo: Doc. MBK