Terbukti Indonesia masih sebagai  negara dengan komoditas alam yang banyak diminati penjuru dunia. Tidak hanya kain batik saja yang dikonsumsi oleh beberapa tokoh dunia seperti Nelson Mandela, Barrack Obama, Tom Cruise dan lainnya, namun ada pula beberapa hasil karya nusantara kita yang ternyata banyak juga diminati.

Dimulai dari ukiran kayu dari Jepara yang sejak lama menembus pangsa ekspor mancanegara dengan varian patung, kaligrafi dan relief. Selain itu, anyaman bambu dari Indonesia juga telah menembus pasar ekspor seperti kursi bambu, hiasan rumah dari bambu, bahkan alat-alat perabot rumah tangga yang lain.

Tidak berhenti disitu saja, keramik pun juga punya level sendiri dalam transportasi ekspor yang nyata sudah tersebar hingga ranah Eropa dan Amerika, salah satunya dari wilayah Tulungagung yang dijuluki sebagai kota marmer, Dilanjutkan dengan kerajinan budaya khas jawa yaitu wayang yang sejatinya kini telah banyak diminati oleh wisatawan luar negeri karena keunikan dan kekhasannya. Sehingga tidak jarang banyak wisatawan yang justru menjadikan wayang sebagai cinderamata dan oleh-oleh. Pagelaran wayang pun kini mulai mendunia dan telah diakui Unesco. Wayang dapat dikombinasi dengan ukiran kayu sehingga dapat menjadi ornamen rumah yang mempunyai nilai  dan estetika yang tinggi.

Lalu kerajinan perak yang mendunia dan banyak diperdagangkan di mancanegera, kerajinan kulit, kerajinan tenun seperti songket dan ulos sudah menjadi kerajinan khas Indonesia. Banyak turis yang sudah mengenal kerajinan ini dan menjadikannya sebagai cinderamata.

Selanjutnya Gerabah dengan kualitas unggul dan halus. Terakhir kerajinan batu dan logam dengan aneka ragam mulia murni kerajinan di Indonesia yang  menembus pasar ekspor. Banyak batu mulia asli Indonesia yang dipakai selebritis dunia dan menjadi bahan baku perusahaan perhiasan dunia. Kerajinan batu mulia menjadi 10 kerajinan Indonesia yang banyak diminati di dunia.NUG